Saturday, November 9, 2013

Sedikit Tentang Kebutuhan Seksual

,
Kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang kebutuhan seksual. Kebutuhan seksual ini adalah kebutuhan dasar manusia yang berupa ekspresi perasaan dua orang indivudu secara pribadi yang saling menghargai, memperhatikan, dan menyangi sehingga terjadi hubungan timbal balik (feed back) antara kedua individu tersebut.


Seksualitas merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Seksualitas di defenisikan sebagai kualitas manusia, perasaan paling dalam, akrab, intim dari lubuk hati paling dalam, dapat pula berupa pengakuan, penerimaan dan ekspresi diri manusia sebagai mahluk seksual.

1. Pengertian Seksualtias
Seksualitas adalah sebuah bentuk perilaku yang didasari oleh faktor fisiologis tubuh. Istilah seks dan seksualitas adalah suatu hal yang berbeda. Kata seks sering digunakan dalam dua cara. Paling umum seks digunakan untuk mengacu pada bagian fisik dari berhubungan, yaitu aktivitas seksual genital. Seks juga digunakan untuk memberi label jender, baik seseorang itu pria atau wanita (Zawid, 1994; Perry & Potter 2005).

Seksualitas adalah istilah yang lebih luas. Seksualitas diekspresikan melalui interaksi dan hubungan dengan individu dari jenis kelamin yang berbeda dan mencakup pikiran, pengalaman, pelajaran, ideal, nilai, fantasi, dan emosi. Seksualitas berhubungan dengan bagaimana seseorang merasa tentang diri mereka dan bagaimana mereka mengkomunikasikan perasaan tersebut kepada lawan jenis melalui tindakan yang dilakukannya, seperti sentuhan, ciuman, pelukan, dan senggama seksual, dan melalui perilaku yang lebih halus, seperti isyarat gerakan tubuh, etiket, berpakaian, dan perbendaharaan kata (Denny & Quadagno, 1992; Zawid, 1994; Perry & Potter, 2005).

2. Aspek Seksualitas Dalam Keperawatan
Seks merupakan kegiatan emosional dan fisik yang mendapatkan kenikmatan dan mampu bereksi dan merasakan sexsualitas. Seks harus diberikan secara holistik (Biologi, Psikologi, Sosial, Soritual dan Kultural).

Stuart dan Sundeen mengemukakan 3 teori utama :
a. Teori biologis: perkembangan seksualitas ditentukan oleh fungsi biologis sebagai laki-laki atau perempuan
b. Teori psiko analitik: ekspresi seksulitas tergantung lingkungan
c. Teori perilaku: prilaku seksual adalah respon fisiologi 

Tinjauan Seksual dari Beberapa Aspek
a. Aspek biologis aspek ini mengandung dari segi biologi seperti pandangan anatomi dan fisikologis dari sistem reproduksi (seksual)  kemampuan organ seks, dan adanya hormonal serta sistem sarap yang berfungsi atau berhubungan dengan kebutuhan seksual.
b. Aspek psikologis aspek ini merupakan pandangan terhdap indentitas jenis kelamin sebuah perasaan dari diri terhadap kesadaran identitasnya serta memandang gambaran seksual atau bentuk konsep diri yang lai
c. Aspek sosial budaya merupakan padangan budaya atau keyakinan yang  berlaku di masyarakat terhadap keutuhan seksual serta prilakunya di masyarakat.

Referensi : 
http://blog-nyaindri.blogspot.com/2012/04/aspek-seksualitas-dalam-keperawatan.html
http://ki-zers.blogspot.com/2013/01/kebutuhan-seksual_1.html
http://psychologymania.com/2012/09/pengertian-seksualitas.html

2 comments: