Saturday, October 19, 2013

Blog Dalam Sistem Informasi Kesehatan

,
Kali ini saya akan menuliskan suatu artikel tentang blog dalam sistem informasi kesehatan, Sistem Informasi Kesehatan adalah salah satu mata kuliah Semester 3 Prodi S1 Keperawatan STIKES Kota Sukabumi.  sebelum kepada intinya,  terlebih dahulu kita harus mengetahui tiap-tiap kata dari blog sistem informasi kesehatan itu sendiri.



Yang pertama blog, pasti kawan-kawan sekalian tidak semua mengetahui definisi dari blog. Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.

Yang kedua Sistem, Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Yang ketiga Informasi, Informasi adalah Sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerim. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data. Informasi dapat juga di katakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.

dan yang terkahir Kesehatan, Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Jadi intinya blog sistem informasi kesehatan mempunyai definisi yaitu suatu catatan online yang didalamnya berisi suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan yang berisi suatu kumpulan data/fakta tentang keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Adapun definisi sistem informasi kesehatan yang sering dikenal yaitu suatu sistem pengelolaan data dan informasi kesehatan di semua tingkat pemerintahan secara sistematis dan terintegrasi untuk mendukung manajemen kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Informasi kesehatan ini sangat penting karena sangat diperlukan untuk pembuatan suatu program di bidang kesehatan, demi terciptanya sistem informasi yang selalu update setiap waktu. 

Menurut WHO, sistem informasi kesehatan merupakan salah satu dari 6 “building block” atau komponen utama dalam sistem kesehatan di suatu Negara. Keenam komponen (building block) sistem kesehatan tersebut adalah:
  • Service delivery (pelaksanaan pelayanan kesehatan)
  • Medical product, vaccine, and technologies (produk medis, vaksin, dan teknologi kesehatan)
  • Health worksforce (tenaga medis)
  • Health system financing (system pembiayaan kesehatan)
  • Health information system (sistem informasi kesehatan)
  • Leadership and governance (kepemimpinan dan pemerintah)



1 comments: