Thursday, October 24, 2013

Manfaat Di Balik Kenikmatan Alpukat

,
Alpukat, Apokat, Avokad, atau Avocado memiliki nama latin Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia, termasuk di Indonesia.


Selain rasanya yang manis dan enak, alpukat bisa dimakan langsung buahnya, bisa dibuat seperti bubur, dan favorit saya itu dibuat menjadi jus alpukat. alpukat juga mempunyai manfaat yang sangat banyak loh, terutama di bidang kesehatan diantaranya :

Membantu Menurunkan Berat Badan
buah alpukat mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang mudah sekali di cerna oleh tubuh, dan lemak jenis ini sangat baik bagi tubuh. kenapa? karena dapat membantu mengurangi lemak jenuh di dalam tubuh, sehingga dapat membantu anda untuk melakukan diet.

Mencegah Penyakit Stroke
Alpukat memiliki kandungan folat yang sangat tinggi. Kandungan folat tersebut bermanfaat untuk mencegah serangan stroke. Dengan banyak mengonsumsi buah alpukat, kemungkinan seseorang terserang stroke akan lebih diminimalisir.

Mengobati Sakit Maag
Alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengobati penyakit maag.

Membantu Menurunkan Kolesterol
Kandungan beta-sitosterol dalam buah ini yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol

Untuk Mata Yang Bengkak
Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.

Meningkatkan Kualitas Sperma
Kandungan antioksidan dalam alpukat terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma.

Mencegah Anemia dan Serangan Jantung
Di dalam buah alpukat ini mengandung tembaga dan zat besi. Zat besi dan tembaga sangat membantu dalam hal pembentukan sel darah merah, dengan sering memakan buah alpukat dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Buah alpukat juga dapat memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tubuh agar tetap terjaga.

Menjadi Obat Batu Ginjal
Kandungan dalam buah alpukat sangat tinggi sehingga dapat dikonsumis sebagai obat batu ginjal

Untuk Darah tinggi
Daun Alpukat terbukti dapat mengobati darah tinggi.

Untuk Kulit Muka Kering
Buah Alpukat dapat dijadikan sebagai masker sehingga dapat mengobati kulit muka yang kering.

Meringankan Sakit Gigi Berlubang
Biji buah alpukat yang ditumbuk halus dapat meringankan sakit gigi berlubang dengan cara menempelkan pada gigi bagian berlubangnya.

Meringankan Diabetes
Biji alpukat dipanggang di atas api kemudian dipotong menjadi kecil-kecil, setelah itu biji yang telah di potong-potong tadi digodok dengan menggunakan air bersih sampai airnya menjadi coklat. kemudian disaring, lalu diminum setelah dingin. terbukti dapat meringankan diabetes.

Menjaga Dan Melindungi Kesehatan Mata
Aplukat mempunyai kandungan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata serta melindungi mata dari beberapa jenis penyakit mata seperti katarak dan macula.

Melindungi Tubuh Dari Serangan Kanker Prostat
Dalam buah alpukat terdapat senyawa yang mempunyai peran untuk menghancurkan sel kanker yang baru timbul tanpa mengakibatkan kerusakan sel yang lain. Sehingga dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat. 

Menangkal Radikal Bebas
Kandungan vitamin E, C, serta flavonoid dalam buah alpukat baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas.

Buah Alpukat Sumber vitamin E
Alpukat adalah sumber vitamin E, vitamin penting yang melindungi terhadap banyak penyakit dan membantu mempertahankan kesehatan secara keseluruhan, juga kelembaban kulit.

Banyak sekali kan manfaat dari buah alpukat, selain buahnya yang mengandung banyak manfaat, biji dan daunnya juga tak kalah manfaatnya untuk kesehatan. Jadi tunggu apa lagi konsumsi secara teratur alpukat dari sekarang.

1 comments: